EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Main Author: FAUZIA , MEINA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8356/1/A410060115.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8356/2/A410060115.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8356/
ctrlnum 8356
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/8356/</relation><title>EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA </title><creator>FAUZIA , MEINA </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan serta melihat kebenaran kontribusi proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Peer Lessons dan Learning Start With A Question (LSQ) yang diterapkan dalam pengajaran Matematika pada siswa SMP kelas VII guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta untuk merangsang keberanian dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan strategi pembelajaran Peer Lessons dan penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari lima kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan bartlet untuk uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons dengan pembelajaran menggunakan strategi LSQ dengan th = 2,107. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar Matematika dengan pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons lebih baik daripada prestasi belajar Matematika dengan menggunakan strategi LSQ. Hal ini ditunjukkan pada hasil nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 85,55 dan kelas kontrol 74,30 pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8356/1/A410060115.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8356/2/A410060115.pdf</identifier><identifier> FAUZIA , MEINA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A410060115 </relation><recordID>8356</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FAUZIA , MEINA
title EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/8356/1/A410060115.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8356/2/A410060115.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8356/
contents Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan serta melihat kebenaran kontribusi proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Peer Lessons dan Learning Start With A Question (LSQ) yang diterapkan dalam pengajaran Matematika pada siswa SMP kelas VII guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta untuk merangsang keberanian dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan strategi pembelajaran Peer Lessons dan penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari lima kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan bartlet untuk uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons dengan pembelajaran menggunakan strategi LSQ dengan th = 2,107. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar Matematika dengan pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons lebih baik daripada prestasi belajar Matematika dengan menggunakan strategi LSQ. Hal ini ditunjukkan pada hasil nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 85,55 dan kelas kontrol 74,30 pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.
id IOS2728.8356
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:13Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:15Z
recordtype dc
_version_ 1765810544148742144
score 17.538404