PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung)

Main Author: WIDYANINGSIH , HANIK
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8341/1/A410060069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8341/2/A410060069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8341/
ctrlnum 8341
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/8341/</relation><title>PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung) </title><creator>WIDYANINGSIH , HANIK </creator><subject>L Education (General)</subject><description> Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan metode CIRC sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, 2). Untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses belajar matematika melalui metode cooperative, integrated, reading and composition. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Tulung yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Persegi dan Persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1). Menanyakan materi yang belum jelas kepada guru sebelum diadakan tindakan 8,57%, pada putaran I sebesar 22,86%, pada putaran II sebesar 40,00%, di akhir putaran mencapai 60,00%, 2). Mengemukakan ide/tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 8,57%, pada putaran I sebesar 17,14%, pada putaran II sebesar 51,43%, di akhir putaran mencapai 57,14%, 3). Mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,43%, pada putaran I sebesar 28,57%, pada putaran II sebesar 42,86%, di akhir putaran mencapai 71,43%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diadakan tindakan, hasil belajar siswa yang nilai tes prestasinya lebih dari sama dengan 60 mencapai 62,85%, pada putaran I mencapai 74,28%, pada putaran II mencapai 82,85%, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai 97,14%. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran cooperative, integrated, reading and composition dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.</description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8341/1/A410060069.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/8341/2/A410060069.pdf</identifier><identifier> WIDYANINGSIH , HANIK (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>A410060069 </relation><recordID>8341</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDYANINGSIH , HANIK
title PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) (PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP N 3 Tulung)
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/8341/1/A410060069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8341/2/A410060069.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8341/
contents Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan metode CIRC sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, 2). Untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa selama proses belajar matematika melalui metode cooperative, integrated, reading and composition. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Tulung yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Persegi dan Persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang: 1). Menanyakan materi yang belum jelas kepada guru sebelum diadakan tindakan 8,57%, pada putaran I sebesar 22,86%, pada putaran II sebesar 40,00%, di akhir putaran mencapai 60,00%, 2). Mengemukakan ide/tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar 8,57%, pada putaran I sebesar 17,14%, pada putaran II sebesar 51,43%, di akhir putaran mencapai 57,14%, 3). Mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 11,43%, pada putaran I sebesar 28,57%, pada putaran II sebesar 42,86%, di akhir putaran mencapai 71,43%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diadakan tindakan, hasil belajar siswa yang nilai tes prestasinya lebih dari sama dengan 60 mencapai 62,85%, pada putaran I mencapai 74,28%, pada putaran II mencapai 82,85%, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai 97,14%. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran cooperative, integrated, reading and composition dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
id IOS2728.8341
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:13Z
recordtype dc
_version_ 1765810543517499392
score 17.538404