PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE BERBASIS TUGAS TERSTRUKTUR POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2009/2010)
Main Author: | RUDIANTO, AGUS |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8340/1/A410060066.pdf http://eprints.ums.ac.id/8340/2/A410060066.pdf http://eprints.ums.ac.id/8340/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang dalam pembelajaran matematika melalui metode question student have berbasis tugas terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sidoharjo yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 8,11% dan setelah tindakan 56,76%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 18,92% dan setelah tindakan 51,35%, 3) Mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 64,86% dan setelah tindakan 97,30% ,4) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 16,21% dan setelah tindakan 51,35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode question student have berbasis tugas terstruktur dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.