PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010)

Main Author: MURTI NINGSIH , MURTI NINGSIH
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/8324/1/A410060016.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8324/2/A410060016.pdf
http://eprints.ums.ac.id/8324/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Learning Start With A Question. Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIC sejumlah 34 siswa dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi a) keaktifan bertanya kepada guru sebelum tindakan 14,71% diakhir tindakan meningkat menjadi 65,63%, b) keaktifan mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 17,65% diakhir tindakan meningkat menjadi 75,00% dan c) keaktifan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 14,71% diakhir tindakan meningkat menjadi 65,63%. 2) Adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika yang meliputi a) kemandirian mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 29,41% diakhir tindakan meningkat menjadi 81,25% dan b) siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebelum tindakan 52,94% di akhir tindakan meningkat menjadi 84,38%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Learning Start With A Question dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa.