IMPLEMENTASI METODE LAPS-HEURISTIK MODEL POLYA DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN RUANG DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP (Eksperimen di Kelas VIII Semester II SMP N 1 Leksono Wonosobo)
Main Author: | KURNIAWAN , ARFIAN ARIF |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8323/1/A410060014.pdf http://eprints.ums.ac.id/8323/2/A410060014.pdf http://eprints.ums.ac.id/8323/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Leksono, Wonosobo yang berjumlah 218 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa : (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.