PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (PTK Kelas VII SMP Negeri I Baki Semester II Tahun Ajaran 2009/2010)
Main Author: | PURNOMO , NANANG |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8308/1/A410050134.pdf http://eprints.ums.ac.id/8308/2/A410050134.pdf http://eprints.ums.ac.id/8308/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada bangun datar segi empat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP N I Baki yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan kepada guru setiap putaran meningkat. Sebelum Putaran (10,8%), putaran I (16,2%), putaran II (21,6%) dan putaran III meningkat menjadi (27%), 2) mengerjakan soal didepan kelas setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (21,6%), putaran I (29,7%), putaran II (32,4%), dan putaran III meningkat menjadi (37,8%), 3) menanggapi jawaban teman setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (5,4%), putaran I (10,8%), putaran II (16,2%) dan putaran III meningkat menjadi (18,9%), 4) menjawab pertanyaan setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (18,9%), putaran I (24,3%), putaran II (27%) dan putaran III meningkat menjadi (35,1%), 5) prestasi matematika pada tugas akhir setiap putaran meningkat, sebelum putaran (48,6%), putaran I (54,1%), putaran II (62,1%), dan putaran III meningkat menjadi (86,5%), 6) prestasi matematika pada ulangan setiap putaran meningkat, sebelum putaran (43,2%), putaran I (51,3%), putaran II ( 56,8%), putaran III (81,1%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.