PENERAPAN METODE IMPROVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKASISWA( PTK Pembela jaran Matematika di Kelas VIIIMTs PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo)
Main Author: | HANDAYANI, RINI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8172/1/A410060270.PDF http://eprints.ums.ac.id/8172/2/A410060270.PDF http://eprints.ums.ac.id/8172/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi metematika siswa kelas VIIIC MTs PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo melalui penerapan metode improve dengan menggunakan media komputer. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas VIIIC MTs PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas VIIIC MTs PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo yang berjumlah 38 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti,guru matematika dan kepala sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan terjadi peningkatan komunikasi matematika siswa yang meliputi keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru atau mengerjakan soal-soal latihan 15,78 % sebelum tindakan, 23,68% pada putaran I, 28,95% pada putaran II, menjadi 55,26% pada putaran III, komunikasi siswa dalam mengemukakan ide pengerjaannya dari 21,05% sebelum tindakan, 28,95% pada putaran I, 36,84 pada putaran II, menjadi 73,68% pada putaran III, kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dari 34,21% sebelum tindakan, 39,47% pada putaran I, 47,37% pada putaran II, 65,79% pada putaran III dan kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan baik secara mandiri maupun kelompok dari permasalahan yang ada dari 13,16% sebelum putaran, 21,05% pada putaran I, 26,32% pada putaran II, menjadi 57,89% pada putaran III. Peningkatan prestasi belajar matematika dari 71,05% sebelum tindakan, 76,32% pada putaran I, 78,95% pada putaran II, 86,84% pada putaran III. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan metode improve dengan menggunakan media komputer dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa sehingga mengakibatkan meningkatnya prestasi belajar.