PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENING KATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010
Main Author: | ISTININGSIH, RURI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/8171/1/A410060179.PDF http://eprints.ums.ac.id/8171/2/A410060179.PDF http://eprints.ums.ac.id/8171/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) melalui strategi Index Card Match serta untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran matematika dengan metode CIRC melalui strategi Index Card Match. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,78%, 2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 5,55% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 69,44%, 3) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 2,78% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 41,67%.