EFEKTIFITAS PERMAINAN BELAJAR BINGO DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KENOKOREJO 03 KECAMATAN POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Main Author: Mirmanto, Nurman
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/7563/1/A510070483.PDF
http://eprints.ums.ac.id/7563/2/A510070483.PDF
http://eprints.ums.ac.id/7563/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD N Kenokorejo 03? (2) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam penguasaan kosa kata bahasa Indonesia pada kelas III SD N Kenokorejo 03? (3) Apakah permainan belajar bingo dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam penguasaan kosa kata kelas III SD N Kenokorejo 03?. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Meningkatkan penguasaan kosa kata dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia; (2) Meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia SDN Kenokorejo 03; (3) Meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam penguasaan kosa kata kelas III dalam penguasaan kosa kata kelas III SDN Kenokorejo 03. Data penelitian yaitu menginformasikan: (1) Tingkat penguasaan kosa kata siswa; (2) Keaktifan belajar dalam penguasaan kosa kata siswa; (3) Kreatifitas belajar dalam penguasaan kosa kata siswa kelas III. Sumber data yaitu guru, siswa, lingkungan belajar, daftar nilai. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi partisipatif, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar pengamatan, tes, kartu kata, serta daftar nilai kelas III SD N Kenokoerejo 03. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 64 adalah 37.5%, pada siklus I pada nilai tugas dan nilai ulangan meningkat menjadi 50% dan 67.5%, keaktifan dan kreatifitas belajar siswa 37.5% dan 25 %. Pada siklus II penguasaan kosa kata menjadi 87.5% keaktifan belajar 62.5% kreatifitas belajar 50%. Pada siklus III mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, tingkat penguasaan kosa kata siswa mencapai 100%, 87.5% siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan 100% siswa mampu meningkatkan kreatifitasnya. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) efektifitas permainan belajar bingo dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa; (2) Permainan belajar bingo meningkatkan keaktifan belajar; (3) Permainan belajar bingo meningkatkan kreatifitas belajar siswa kelas III SD N Kenokorejo 03 tahun 2009/2010.