ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK TEH SOSRO DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Main Author: FAHRIZAL , MUHAMMAD
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/7500/1/B100060047.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7500/2/B100060047.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7500/
Daftar Isi:
  • Persaingan industri produk minuman Teh dewasa ini, menyebabkan setiap badan usaha berusaha untuk merebut pangsa pasar. Oleh karenanya, kepuasan konsumen menjadi prioritas utama yang selalu diperhatikan. Dengan terciptanya kepuasan konsumen maka konsumen akan loyal terhadap merek tersebut dengan melakukan pembelian ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen kepuasan pelanggan yaitu value to price relationship, taste, convenience of acquisition terhadap loyalitas merek produk minuman Teh Sosro dan untuk mengetahui elemen kepuasan pelanggan yang mempunyai pengaruh terbesar di kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel yang diambil yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Untuk memperoleh data yang relevan terhadap penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data teknik lapangan (Survey). Metode pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode non probability yaitu convenience sampling dan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil uji F menunjukkan bahwa value to price relationship, taste, convenience of acquisition secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek. Hasil uji t menunjukkan bahwa value to price relationship, taste, convenience of acquisition secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Taste berpengaruh dominan terhadap loyalitas merek. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien Beta untuk variabel taste sebesar 0,452 yang lebih besar dari nilai koefisien Beta variabel value to price relationship (0,193), dan variabel convenience of acquisition (0,246). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa elemen-elemen kepuasan konsumen mempengaruhi loyalitas merek, dimana elemen kepuasan produk minuman Teh Sosro bahwa value to price relationship, taste, convenience of acquisition secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek produk minuman Teh Sosro.