PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X-4 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Main Author: | SETIAJI , SUNU |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/7451/1/A420050003.pdf http://eprints.ums.ac.id/7451/2/A420050003.pdf http://eprints.ums.ac.id/7451/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi siswa dengan menggunanakan metode pembelajaran GI (Group Investigation) pada siswa kelas X-4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas X-4 dapat diketahui dalam tiga aspek berikut yaitu kognitif, afektif, dan kualitas keaktifan pembelajaran siswa yang dilakukan dalam dua siklus yaitu: Pada siklus I aspek kognitif = 71,95% sedang pada siklus II aspek kognitifnya = 78,78% meningkat 6,83 poin dari dari rata-rata siklus I; penilaian dari segi afektif pada siklus I = 89,25% (berminat) sedang pada siklus II aspek afektifnya = 99,58% (sangat berminat) meningkat 10,33 poin dari siklus I; dan penilaian berdasarkan dari kualitas keaktifan pembelajaran siswa pada siklus I 61,7% sedang kaualitas keaktifan pembelajaran siswa pada siklus II 75,7% meningkat 14 poin dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kualitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X4 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009.