KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN 2009)

Main Author: SUYONO, SUYONO
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
etc
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/7435/1/G000070067.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7435/2/G000070067.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7435/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dan juga digunakan untuk meningkatkan kualitas lulusan peserta didik dari SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, cara kerjanya dengan mengamati secara langsung dengan melihat proses belajar mengajar di sekolah. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana, semua guru pendidikan agama Islam, kepala TU, karyawan dan siswa di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode tersebut penulis gunakan untuk mengetahui tentang kondisi sekolah, inventarisasi sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa kompetensi guru PAI di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dalam penyusunan rencana pembelajaran baru dikerjakan oleh 2 orang guru dari 4 guru PAI yang ada. Sedangkan kompetensi pengembangan profesi masih kurang dilaksanakan, yang baru terlaksana hanya pengikutan seminar, workshop dan kegiatan pengembangan kurikulum. Kompetensi pelaksanaan interaksi belajar mengajar guru PAI sebagian sudah terlaksana dengan baik, tetapi dalam penggunaan alat peraga masih perlu ditingkatkan untuk membantu pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Adapun beberapa kompetensi yang telah dimiliki dengan baik oleh para guru PAI diantaranya: kompetensi penilaian prestasi belajar peserta didik, kompetensi tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserat didik, kompetensi pemahaman wawasan kependidikan dan kompetensi penguasaan bahan kajian akademik.