ANALISIS PENGARUH ATRIBUT-ATRIBUT PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA VARIO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN( STUDI EMPIRIK DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA )
Main Author: | Kurniawan W , Andi |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/7398/1/B100050299.pdf http://eprints.ums.ac.id/7398/2/B100050299.pdf http://eprints.ums.ac.id/7398/ |
Daftar Isi:
- Atribut – atribut produk sepeda motor merupakan hal yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum membeli suatu produk sepeda motor. Atribut – atribut tersebut berpengaruh dalam mendapatkan konsumen dan menjadikan konsumen tersebut loyal terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut-atribut produk sepeda motor Honda Vario yaitu harga, kualitas, bentuk, dan suku cadang terhadap keputusan pembelian di UMS dan untuk mengetahui atribut paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario.Metode penelitian yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi, uji t dan uji F, dan koefisien determinasi (R). Alat analisis tersebut secara berturut – turut digunakan untuk memprediksi, melihat pengaruh secara parsial, melihat pengaruh secara bersama - sama, dan mengetahui seberapa besar proporsi variabel-variabel independen atribut produk sepeda motor Honda Vario terhadap variabel dependen keputusan pembelian konsumen. Dari hasil analisis regresi menunjukkan variabel harga, kualitas, bentuk, dan suku cadang berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun bersama - sama terhadap keputusan pembelian. R2 (R Square) sebesar 0,666, berarti 66,6% variasi perubahan keputusan pembelian dijelaskan oleh perubahan harga, kualitas, bentuk, dan suku cadang. Dari nilai koefisien beta suku cadang 0,263, harga 0,193, kualitas 0,200, bentuk 0,248, menunjukkan bahwa variabel suku cadang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel atribut produk sepeda motor Honda Vario berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, perusahaan ASTRA harus inovatif dan terus meningkatkan kualitas atribut produk mereka agar konsumen semakin loyal terhadap produk sepeda motor Honda Vario.