PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009

Main Author: ISWARI , MAGDALENA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/7324/1/A210050140.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7324/2/A210050140.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7324/
ctrlnum 7324
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/7324/</relation><title>PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009</title><creator> ISWARI , MAGDALENA</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMEN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS &#xD; TAHUN AJARAN 2008/2009&#xD; &#xD; Magdalena Iswari, A.210 050 140 Jurusan Pendidikan Akuntansi &#xD; Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, &#xD; Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.&#xD; &#xD; Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009, 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009 dan 3. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009&#xD; Penelitian dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 180 mahasiswa, sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa. Data intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. &#xD; Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh persamaan regresi : Y = 0,893 + 0,013X1+ 0,019X2. Uji regresi diperoleh Fhitung &gt; Ftabel atau 9,053 &gt; 3,20 (taraf signifikansi 5%) berarti antara intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen. Uji t untuk variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan diperoleh thitung &gt; dari ttabel atau 2,684 &gt; 2,01 dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung &gt; ttabel atau 2,655 &gt; 2,01 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2008/2009. &#xD; Koefisien Determinasi (R&#xB2;) sebesar 0,278 ini menunjukkan bahwa variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen sebesar 27,8%. Sedangkan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 50,4%, untuk X2 sebesar 49,6% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 14% dan untuk X2 sebesar 13,8%.&#xD; &#xD; &#xD; </description><date>2010</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/7324/1/A210050140.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/7324/2/A210050140.pdf</identifier><identifier> ISWARI , MAGDALENA (2010) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210050140</relation><recordID>7324</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ISWARI , MAGDALENA
title PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009
publishDate 2010
topic HB Economic Theory
url http://eprints.ums.ac.id/7324/1/A210050140.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7324/2/A210050140.pdf
http://eprints.ums.ac.id/7324/
contents PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MANAJEMEN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS TAHUN AJARAN 2008/2009 Magdalena Iswari, A.210 050 140 Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009, 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009 dan 3. Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009 Penelitian dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 180 mahasiswa, sampel diambil sebanyak 50 mahasiswa. Data intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen diperoleh persamaan regresi : Y = 0,893 + 0,013X1+ 0,019X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 9,053 > 3,20 (taraf signifikansi 5%) berarti antara intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen. Uji t untuk variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan diperoleh thitung > dari ttabel atau 2,684 > 2,01 dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 2,655 > 2,01 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,278 ini menunjukkan bahwa variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi manajemen sebesar 27,8%. Sedangkan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 50,4%, untuk X2 sebesar 49,6% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 14% dan untuk X2 sebesar 13,8%.
id IOS2728.7324
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:36:11Z
last_indexed 2016-09-22T02:36:11Z
recordtype dc
_version_ 1765810543619211264
score 17.538404