PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TREFFINGER (PTK Pada Siswa Kelas VIII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

Main Author: PUTRI, RISKA PRATIWI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/7227/1/A410060012.PDF
http://eprints.ums.ac.id/7227/2/A410060012.PDF
http://eprints.ums.ac.id/7227/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada pembelajaran matematika melalui model Treffinger dan 2) Meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada pembelajaran matematika melalui model Treffinger. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII B sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VIII B yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (wawancara, catatan lapang, dan dokumentasi). Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada pembelajaran matematika melalui model Treffinger. Adanya peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: 1) Kreativitas dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 20 % dan diakhir tindakan mencapai 60 %, 2) Kreativitas dalam mengajukan ide atau gagasan sebelum tindakan sebesar 10 % dan diakhir tindakan mencapai 36 %, 3) Kreativitas dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 10 % dan diakhir tindakan mencapai 44 %, 4) Kreativitas dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 15 % dan diakhir tindakan mencapai 24 %. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari ketentuan sekolah yaitu mencapai nilai  51 sebelum tindakan sebesar 35 % dan diakhir tindakan mencapai 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model Treffinger pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas siswa, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.