UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK BERPIKIR BERPASANGAN BEREMPAT (PTK di Kelas VIII F SMP Muhammadiyah 4 Surakarta )
Main Author: | SETIAWAN , DANANG HARI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/7211/1/A410050155.PDF http://eprints.ums.ac.id/7211/2/A410050155.PDF http://eprints.ums.ac.id/7211/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa pada pokok bahasan prisma dengan menggunakan teknik berpikir berpasangan berempat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) menyampaikan pertanyaan kepada guru dari (5,56%) menjadi (27,78%), 2) mengerjakan tugas individu meningkat dari (13,89%) menjadi (91,67%), 3) maju mengerjakan soal meningkat dari (0%) menjadi (50%), 4) aktif dalam berdiskusi meningkat dari (16,67%) menjadi (66,67%), 5) mengerjakan PR meningkat dari (33,34%) menjadi (83,34%), 6) prestasi matematika pada tes akhir meningkat dari (47,67%) menjadi (91,67%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan teknik berpikir berpasangan berempat dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.