ANALISIS NILAI KEPUASAN PELANGGAN KENDARAAN BERMOTOR RODA 2 DI SURAKARTA (Studi Kasus Sepeda Motor Bebek Merk Honda)
Main Author: | SARYADI, SARYADI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/6801/1/P100030094.pdf http://eprints.ums.ac.id/6801/2/P100030094.pdf http://eprints.ums.ac.id/6801/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Product Value, Service Value, Personnel Value, Image Value, dan Price Value terhadap Nilai Kepuasan Pelanggan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Surakarta. Secara individu variabel product value, service dan variabel personnel value berpengaruh positif terhadap nilai kepuasan pelanggan, sedangkan price value berpengaruh negatif terhadap nilai kepuasan pelanggan. Di lihat dari koefisien regresinya, variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel product value. Uji ketepatan model dengan menggunakan koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan nilai hitung 0,547 mempunyai makna bahwa sebesar 54,7% variabel Product Value, Service Value, Personnel Value, Image Value, dan Price Value mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Kepuasan Pelanggan, sisanya sebesar 45,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Di lihat dari nilai Fhitung sebesar 22,696 signifikan pada α = 1, menunjukkan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kepuasan pelanggan. Temuan-temuan dalam penelitian ini terbukti mendukung teori-teori Kotler (2004) yang menyatakan Penentu-penentu nilai yang diberikan ke pelanggan meliputi nilai pelanggan yang terdiri dari produk, pelayanan, karyawan, dan citra. Biaya pelanggan total meliputi biaya moneter, biaya waktu, tenaga, dan pikiran pembeli.