PENGARUH PROFESIONALISME, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA

Main Author: KUAT , TRI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2005
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/6769/1/Q100030106.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6769/2/Q100030106.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6769/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk (1) mendeskripsikan profesionalisme, motivasi kerja dan lingkungan kerja serta kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta, (2) mengetahui pengaruh profesionalisme, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial, dan (3) mengetahui besarnya kontribusi profesionalisme, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kineja guru baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta berjumlah 217 orang, kemudian yang dijadikan sampel secara random sebanyak 140 orang. Data dikumpulkan dengan angket dan sumber datanya adalah guru. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan model regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) keadaan profesionalisme, motivasi kerja dan lingkungan kerja serta kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta adalah sedang, (2) ada pengaruh yang positif profesionalisme, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta, baik secara simultan maupun parsial, dan (3) besarnya kontribusi profesionalisme, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta secara simultan adalah 73,8 %, dan secara parsial untuk profesionalisme terhadap kinerja guru SMA muhammadiyah Kota Surakarta sebesar 70,6%, motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta adalah 2,4% serta lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta adalah 0,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan profesionalisme, motivasi kerja dan lingkungan kerja serta kinerja guru SMA Muhammadiyah Kota Surakarta perlu ditingkatkan dengan perencanaan yang baik. Melihat kontribusi yang diberikan terhadap kinerja guru tersebut, kiranya perlu penelitian lebih lanjut berkaitan dengan peningkatan kinerja guru dengan memperluas variabel independennya.