PERAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN PENEGAKAN HUKUM PIDANA (Studi kasus pembinaan anak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo)

Main Author: THOFACH, MUHHAMAD
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/6081/1/C100050025.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6081/2/C100050025.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6081/3/C100050025.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6081/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kedudukan Lembaga Pemasyarakatan Anak dalam penegakan hukum, pola pembinaan yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo dan Fakator – faktor yang mempengaruhi pola pelaksanaan pembinaan di Lermbaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kedudukan Lembaga Pemasyarakatan Anak, Bagaiman Pola pembinaan yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo, Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pola pelaksanaan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Penelitian ini adalah penelitian hukum deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris, dikatan demikian karena dalam penelitian ini mengkaji konsep normatif yuridis pola pembinaan anak didik pemasyarakatan sesuai peraturan perundang-unadangan yang berlaku dan pelaksanaanya. Data yang digunakan adalah data primer dan sekundar. Data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan dengan menggunakan pedoman wawancara atau daftar pertanyaan, sedangkan data sekunder deperoleh melalui penelitian kepustakaan. Lokasi penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo, Subjek penelitian meliputi narasumber yaitu anak didik dan petugas Lembaga Pemasyarakataan anak. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara normatif sementara kesimpulan ditarik melalui metode deduktif. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran dan kedudukan Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo adalah memberikan pembinaan sesuai dengan pancasila, Undand-undang dasar 1945, prinsip – prinsip pokok pemasyarakatan dan sistem pembinaan pemasyarakatan yang telah ditentukan sebagai wujud dari pelaksanaan perannya, bahwa pola pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo meliputi kegiatan belajar mengajar, kejar paket, pendidikan agama, pendidikan olahraga, ketrampialn, asimilasi, cuti menjelang bebas didalam pelaksanaan ini terdapat faktor penghambat yaitu tingkat pendidikan anak didik yang beragam, tingkat kedisiplinan dalam perawatan alat kerja kurang, kurangnya symberdaya manusia yang betul-betul profesional, kurangnya personil petugas, terbatasnya sarana dan prsarana pendukung kegiatan, terbatasnya sumber dana untuk melakuakn pembinaan