Rancang Bangun Media Pembelajaran Dan Permainan Edukatif “Pandawa” Pandai Aksara Jawa
Main Authors: | Rahmadzani, Rifqi Fauzi, , Dr. Heru Supriyono, S.T., M.Sc. |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/49006/1/Naskah%20Publikasi%20%28Rifqi%20Fauzi%20Rahmadzani%29%20ePrints.pdf http://eprints.ums.ac.id/49006/2/Surat%20Pernyataan%20Publikasi%20%28Perpustakaan%29.pdf http://eprints.ums.ac.id/49006/ |
Daftar Isi:
- Aksara Jawa saat ini masih menjadi salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dipelajari karena bentuk tulisannya tidak seperti huruf biasa. Sebagaimana pelajaran pada umumnya, materi Aksara Jawa masih disampaikan berbasis media cetak, sehingga terkadang proses belajar mengajar terkesan kurang interaktif serta kurang memberikan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu mempelajari Aksara Jawa menjadi lebih menarik dan interaktif bagi pelajar, yaitu dengan media game edukasi yang dapat dimainkan pada perangkat desktop maupun mobile. Permainan ini disajikan dalam bentuk visual 2D yang dibuat dengan game engine Construct 2 menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran dan permainan edukatif “Pandawa” Pandai Aksara Jawa. Pada permainan ini memiliki beberapa menu utama diantaranya menu pengenalan dan menu permainan. Berdasarkan hasil pengujian penerimaan calon pengguna yang dilakukan kepada siswa-siswi kelas 6 MIM 1 Potronayan Nogosari dan Forum Guru Muhammadiyah se-kecamatan Nogosari Boyolali bertempat di MIM 1 Potronayan Nogosari Boyolali dapat diketahui sebanyak 91% responden setuju bahwa media pembelajaran dan permainan edukatif ini menarik, interaktif dan menyenangkan.