Analisis Pemahaman Matematika Berbasis Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Logaritma (Studi Situs Di Kelas X Administrasi Perkantoran Semester Gasal SMK Muhammadiyah Delanggu)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini meliputi 1) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan tinggi materi logaritma. 2) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan sedang materi logaritma. 3) untuk mendeskripsikan pemahaman matematika pada siswa yang mempunyai kemampuan rendah materi logaritma.. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa yang termasuk dalam kategori memperoleh nilai tinggi cenderung memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang baik. 2) siswa yang termasuk dalam ketegori memperoleh niai sedang ada yang memiliki pemahaman prosedural yang baik namun lemah pada konseptualnya, serta ada yang memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang baik. 3) siswa yang termasuk dalam kategori memperoleh nilai rendah memiliki pemahaman konseptual dan prosedural yang lemah. The ains of this research are 1) to describe the students’s understanding about mathematics on the student who have high ability on logarithm. 2) to describe the students’s understanding about mathematics on the student who have middle ability on logarithm. 3) to describe the students’s understanding about mathematics on the student who have low ability on logarithm. Qualitative descriptive research, using a sample as many as 24 students. Data collection techniques by observation, tests, interviews and documentation. Data analysis technique is done by means of data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that 1) students who fall into this category tend to have a high value gain conceptual understanding and procedural good. 2) belongs to the category of students who received grades were there who have a good understanding of procedural but weak on conceptual, and nobody has the conceptual understanding and procedural good. 3) students are included in the category of obtaining low values have conceptual understanding and procedural weak.