Daftar Isi:
  • IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah) yang berada di Desa Jajaran, Boyolali merupakan bantuan dari Pemkab Boyolali untuk keperluan MCK. Hasil pengolahan limbah IPAL di Desa Jajaran dan didukung dengan kurangnya penguraian dalam bak tampung menjadi pokok permasalahan yang menimbulkan gangguan kesehatan terutama pernafasan. Sehingga masyarakat ingin menutup IPAL tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran humas Pemkab Boyolali dalam mengatasi krisis komunikasi limbah IPAL. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang mana untuk menggambarkan suatu fenomena yang terjadi. Populasi dari penelitian ini adalah Pemkab Boyolali, sedangkan sample yang diambil adalah humas Pemkab Boyolali. Hasil dari penelitian ini humas mempertemukan kedua belah pihak yang bersengketa di Balai Desa Karangduren untuk musyawarah untuk pengambilan keputusan yang mufakat untuk menyelesaikan permasalahan, yang hasilnya dengan penyambungan peralon kedasar sungai dan memberikan bantuan berupa bakteri.