Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang melalui metode Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Pakem 01 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, obeservasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 57 % atau 13 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 93 % atau 21 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika materi keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III.