Studi Komparasi Antara Strategi Cooperative Script Dengan The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Tema 6 Subtema 1 Kelas IV Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan penggunaan antara strategi Cooperative Script dengan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik pada tema 6 subtema 1 siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura, (2) mengetahui mana yang lebih baik antara strategi Cooperative Script dengan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik pada tema 6 subtema 1 siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan tehnik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung< ttabel yaitu 2,266> 2,002 dengan nilai rata-rata hasil belajar tematik kelas IV B lebih baik dibandingkan kelas IV C, yaitu 84,70 > 79,76. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan penggunaan strategi Cooperative Script dengan The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura, (2) strategi pembelajaran Cooperative Script lebih baik dari pada The Power Of Two terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura