Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika, (2) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian sebanyak 32 diambil dengan teknik Quota Sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian, (1) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan α = 0,05, (2) tidak ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan α = 0,05, (3) tidak ada pengaruh pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan α = 0,05.