Hubungan Antara Penerimaan Peer Group Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Daftar Isi:
- Mahasiswa baru seringkali kurang percaya diri saat memasuki lingkungan baru, namun dengan penerimaan peer group menjadikan mahasiswa lebih percaya diri. Berdasarkan hasil survey menggunakan angket yang disebarkan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa 80% dari 20 orang menyatakan kurang percaya diri dalam kreatifitas, intelektual, kompetensi skolastik, kompetensi pekerjaan dan kemampuan didalam berolahraga.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan peer group dengan kepercayaan diri mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Peneliti menggunakan teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel tidak ditetapkan lebih dahulu, dengan jumlah subjek sebanyak 50. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Alat ukur yang dgunakan adalah skala. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Product Moment dari pearson. Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dan hipotesis yang diajukan oleh peneliti dan diuji secara empiris didapatkan hasil bahwa hipotesis terbukti. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi antara penerimaan peer group dan kepercayaan diri diperoleh nilai rxy sebesar 0,559 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara penerimaan peer group dengan kepercayaan diri.