Motivasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetah : 1)Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar Ekonomi.2)Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar Ekonomi. 3)Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar Ekonomi pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil sebanyak 84 siswa dengan teknik Combined Sampling karena mengombinasikan secara proposional dan insidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F, selain itu juga dilakukan perhitungan Sumbangan Relative (SR) dan Sumbangan Efektif (SE). Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y= 61,997+ 0,293 X1 + 0,325 X2 yang artinya motivasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah 1)Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,087 > 1,983 dengan nilai signifikansi < 0,005, yaitu 0,000. 2)Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 2,157 > 1,983 dengan nilai signifikansi < 0,005, yaitu 0,000. 3)Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar ekonomi padasiswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Berdasarkan hasil uji F, H0 ditolak, karena Fhitung> Ftabel yaitu 11,451 > 3,109 dengan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)Variabel persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru memberikan sumbangan relatif sebesar 48,96% dan sumbangan efektif 10,7712%. Variabel lingkungan sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 50,97% dan sumbangan efektif 11,2134%. Berdasarkan Perbandingan antara nilai sumbangan relatif dan efektif dapat disimpulkan bahwa kedua variabel yaitu persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang sama-sama besar hal ini terlihat dengan selisih perbandingan antara kedua variabel tidak beda jauh. Namun Lingkungan sekolah lebih dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan sumbangan relatif yang lebih besar yaitu 50,97%. Kata kunci : motivasi belajar ekonomi, persepsi siswa mengenai kompetensi pedagogik guru, dan lingkungan sekolah