Daftar Isi:
  • Masalah sebagai latar belakang penelitian adalah rendahnya motivasi siswa yang terlihat dari rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan strategi Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan 33,34%; kemudian pada siklus I menjadi 40,83%; naik menjadi 81,67% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IVB SD Negeri 02 Pulosari tahun ajaran 2014/2015.