Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kualitas pelayanan ‎terhadap tingkat loyalitas nasabah SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten ‎Sragen. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Bank ‎untuk dapat membantu manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.‎ Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi ‎moderating dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dari ‎penelitian ini adalah pengguna SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten ‎Sragen yang berjumlah 41.765 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 ‎nasabah Bank BNI di Kabupaten Sragen yang menggunakan SMS Banking. ‎Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara non ‎probability sampling dengan purposive sampling.‎ Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bukti fisik (tangible) ‎berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna SMS Banking pada Bank BNI ‎di Kabupaten Sragen, sehingga H1 diterima; Kehandalan (reliability) berpengaruh ‎terhadap loyalitas nasabah pengguna SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten ‎Sragen, sehingga H2 diterima; Daya tanggap (responsiveness) berpengaruh ‎terhadap loyalitas nasabah pengguna SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten ‎Sragen, sehingga H3 diterima; Jaminan (assurance) berpengaruh terhadap loyalitas ‎nasabah pengguna SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten Sragen, sehingga ‎H4 diterima; Empati (emphaty) berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna ‎SMS Banking pada Bank BNI di Kabupaten Sragen, sehingga H5 diterima.‎