Daftar Isi:
  • ABSTRAK Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Melalui Inquiry (PTK pada Siswa Kelas VII A Semester II SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun 2014/2015) Oleh: Adi Darmawan1 dan Ariyanto2 1Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UMS, adidarmawan.ums@gmail.com 2Staf Pengajar UMS Surakarta, a.ariyanto@yahoo.com Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kelas VII A SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan metode inquiry terbimbing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VII A sebagai subyek penerima tindakan dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Adanya peningkatan keaktifan dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa untuk bertanya dari (16,67%) meningkat menjadi (73,33%) 2) keaktifan dalam mengemukakan pendapat dari (10%) meningkat menjadi (66,67%), 3) keaktifan dalam berdiskusi kelompok dari (20%) meningkat menjadi (73,33%). Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari 1) Siswa yang mampu memahami masalah dari (20%) meningkat menjadi (76,67%), 2) Siswa yang mampu merencanakan penyelesaian dari (13,33%) meningkat menjadi (70%), 3) Siswa yang mampu melaksanakan penyelesaikan masalah sesuai rencana dari (16,67%) meningkat menjadi (66,67%), 4) Siswa yang mampu melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah dari (13,33%) meningkat menjadi (63,33%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Kata kunci : inquiry terbimbing, keaktifan, kemampuan pemecahan masalah ABSTRACT Increased Activity and Problem Solving Skills on Mathematics Learning Through Inquiry (PTK in Class VII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Year 2014/2015) By: Adi Darmawan1 and Ariyanto2 1 Mathematics college Student of FKIP UMS, adidarmawan.ums@gmail.com 2Faculty of UMS Surakarta, a.ariyanto@yahoo.com The purpose of this research is to improve the liveliness and problem solving skills in mathematics classroom learning VII A SMP Negeri 2 Sawit through the application of guided inquiry method. This study includes classroom action research. VII A grade students as subjects of action receiver and giver math teacher as the subject of action. Data collection method used is the method of observation, field notes, interview, test, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion. Results of the study is to show an increase in activity and problem solving skills in the learning of mathematics problem solving. An increase in the activity can be seen from the 1) active students to ask questions of (16.67%) increased to (73.33%) 2) activeness in the expression of (10%) increased to (66.67%), 3) liveliness in a discussion group of (20%) increased to (73.33%). There is an increasing problem-solving skills can be seen from 1) Students are able to understand the problems of (20%) increased to (76.67%), 2) Students are able to plan the completion of (13.33%) increased to (70%), 3) Students are able to carry out the settlement of the problem according to plan (16.67%) increased to (66.67%), 4) Students are able to check back for all the steps of (13.33%) increased to (63.33 %). So it can be concluded that the application of guided inquiry method can enhance the activity and problem solving skills in mathematics. Keywords: guided inquiry, livelines, problem solvingskills