Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015)
ctrlnum |
36190 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/36190/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam 
Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015)</title><creator>Kirana, Devy Gatya</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan peneliti sebagai suby ek pemberi tindakan, dan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngemplak Boyol ali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode alur yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan 
dan kemampuan komunikasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui indikator keaktifan yang meliputi 1) mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (61,11%), 2) mampu memberikan pendapat ketika diskusi sebelum tindakan (16,67%) dan diakhir tindakan (52,78%), 3) mampu mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan(55,56%) sedangkan indikator kemampuan komunikasi belajar meliputi 1) mampu menyatakan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (63,89%), 2) mampu menuliskan ide-ide matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan (69,44%), 3) mampu menggambarkan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (58,33%), 4) mampu menjelaslakan konsep-konsep matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir 
tindakan (55,56%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar siswa.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/13/SURAT%20PERNYATAAN%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Kirana, Devy Gatya (2015) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410110055</relation><recordID>36190</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Kirana, Devy Gatya |
title |
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam
Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015) |
publishDate |
2015 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/36190/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/3/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/4/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/6/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/10/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/13/SURAT%20PERNYATAAN%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/36190/ |
contents |
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan peneliti sebagai suby ek pemberi tindakan, dan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngemplak Boyol ali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode alur yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan
dan kemampuan komunikasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui indikator keaktifan yang meliputi 1) mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (61,11%), 2) mampu memberikan pendapat ketika diskusi sebelum tindakan (16,67%) dan diakhir tindakan (52,78%), 3) mampu mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan(55,56%) sedangkan indikator kemampuan komunikasi belajar meliputi 1) mampu menyatakan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (63,89%), 2) mampu menuliskan ide-ide matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan (69,44%), 3) mampu menggambarkan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (58,33%), 4) mampu menjelaslakan konsep-konsep matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir
tindakan (55,56%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar siswa. |
id |
IOS2728.36190 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:52:54Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:52:55Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810925547290624 |
score |
17.538404 |