ctrlnum 36190
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/36190/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam &#xD; Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015)</title><creator>Kirana, Devy Gatya</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan peneliti sebagai suby ek pemberi tindakan, dan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngemplak Boyol ali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode alur yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan &#xD; dan kemampuan komunikasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui indikator keaktifan yang meliputi 1) mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (61,11%), 2) mampu memberikan pendapat ketika diskusi sebelum tindakan (16,67%) dan diakhir tindakan (52,78%), 3) mampu mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan(55,56%) sedangkan indikator kemampuan komunikasi belajar meliputi 1) mampu menyatakan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (63,89%), 2) mampu menuliskan ide-ide matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan (69,44%), 3) mampu menggambarkan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (58,33%), 4) mampu menjelaslakan konsep-konsep matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir &#xD; tindakan (55,56%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar siswa.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/36190/13/SURAT%20PERNYATAAN%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Kirana, Devy Gatya (2015) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410110055</relation><recordID>36190</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Kirana, Devy Gatya
title Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1Ngemplak 2014/ 2015)
publishDate 2015
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/36190/1/ARTIKEL%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/6/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/7/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/10/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/11/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/13/SURAT%20PERNYATAAN%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/36190/
contents Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolaborasi dengan peneliti sebagai suby ek pemberi tindakan, dan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngemplak Boyol ali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode alur yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan melalui indikator keaktifan yang meliputi 1) mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (61,11%), 2) mampu memberikan pendapat ketika diskusi sebelum tindakan (16,67%) dan diakhir tindakan (52,78%), 3) mampu mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan(55,56%) sedangkan indikator kemampuan komunikasi belajar meliputi 1) mampu menyatakan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (63,89%), 2) mampu menuliskan ide-ide matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan (69,44%), 3) mampu menggambarkan ide-ide matematika sebelum tindakan (13,89%) dan diakhir tindakan (58,33%), 4) mampu menjelaslakan konsep-konsep matematika sebelum tindakan (11,11%) dan diakhir tindakan (55,56%). Sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar siswa.
id IOS2728.36190
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:52:54Z
last_indexed 2016-09-22T02:52:55Z
recordtype dc
_version_ 1765810925547290624
score 17.538404