ctrlnum 35935
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/35935/</relation><title>Pengaruh Disiplin Belajar Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011</title><creator>Dwi Nugroho, Agus</creator><subject>L Education (General)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; PENGARUH DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA&#xD; ANGKATAN 2011&#xD; &#xD; Agus Dwi Nugroho. A210100081. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.&#xD; &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 3) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 sebanyak 121 mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Sampel diambil sebanyak 89 mahasiswa dengan teknik Propotional Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.&#xD; Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier dapat dilihat sebagai berikut Y = 57,195+ 0,153X1 + 0,237X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung&gt; ttabel, 3,192&gt;1,988dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar 39% dan sumbangan efektif 19,7%. 2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung&gt; ttabel, yaitu 4,608&gt;1,988 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 61% dan sumbangan efektif 30,8%. 3) Disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung&gt; Ftabel, yaitu 43,893&gt;3,103 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,505 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 50,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.&#xD; Kata Kunci : disiplin, lingkungan dan prestasi belajar.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/1/11.%20Naskah%20Publikasi.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/5/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/6/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/7/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/9/Bab%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/11/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/15/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/16/Surat%20Pernyataan%20Publikasi%20Karya%20Ilmiah.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/35935/18/HALAMAN%20DEPAN%20FIX.pdf</identifier><identifier> Dwi Nugroho, Agus (2015) Pengaruh Disiplin Belajar Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210100081</relation><recordID>35935</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Dwi Nugroho, Agus
title Pengaruh Disiplin Belajar Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/35935/1/11.%20Naskah%20Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/5/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/6/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/7/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/9/Bab%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/11/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/15/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/16/Surat%20Pernyataan%20Publikasi%20Karya%20Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/18/HALAMAN%20DEPAN%20FIX.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35935/
contents ABSTRAK PENGARUH DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2011 Agus Dwi Nugroho. A210100081. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 3) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 sebanyak 121 mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Sampel diambil sebanyak 89 mahasiswa dengan teknik Propotional Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier dapat dilihat sebagai berikut Y = 57,195+ 0,153X1 + 0,237X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 3,192>1,988dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar 39% dan sumbangan efektif 19,7%. 2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 4,608>1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 61% dan sumbangan efektif 30,8%. 3) Disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 43,893>3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,505 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 50,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : disiplin, lingkungan dan prestasi belajar.
id IOS2728.35935
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:52:46Z
last_indexed 2016-09-22T02:52:49Z
recordtype dc
_version_ 1765810924797558784
score 17.538404