Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Listening Teams dalam mata pelajaran PKn siswa kelas III di SDIT IQRO’ Nogosari Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDIT IQRO’ yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data) dan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas III melalui penerapan strategi Listening Teams. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian keaktifan siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu: dari 21 siswa yang memiliki prosentase keaktifan tinggi pada pra siklus prosentasenya adalah 9,52%. Adapun, pada siklus I pertemuan 1 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya meningkat menjadi 14,29% dan pada pertemuan 2 siswa yang memiliki keaktifan tinggi prosentasenya menjadi 23,81%. Selanjutnya, pada siklus II siswa yang memiliki keaktifan tinggi persentasenya juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 52,38% pada pertemuan 1 dan prosentasenya mengalami kenaikan menjadi 80,95% dalam pertemuan 2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Listening Teams dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn.