Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: a) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan BK sudah sesuai dengan program BK di SD Negeri Gemolong 1 tahun 2014/2015, b) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan program BK di SD Negeri Gemolong 1 tahun 2014/2015, c) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam pelaksanaan bimbingan belajar siswa di SD Negeri Gemolong 1 tahun 2014/2015. Penelitian mengambil lokasi di SD Negeri Gemolong 1 Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) denga menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif, yaitu data yang diterangkan dengan kata-kata atau kalimat kemudian diambil kesimpulan dengan langkah-langkah: a) reduksi data, b) penyajian data (display data), c) penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri Gemolong 1 sudah terdapat program bimbingan konseling (BK) yang didalamnya terdapat layanan bimbingan belajar siswa. Guru sebagai pelaksana pemberi bimbingan sudah memberikan bimbingan belajar kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan baik.