Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015, (2) besarnya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD N Pajang 3 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknikanalisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, kelinieran dan keberartian regresi. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,468 > 2,34197 dan koefisien determinasi sebesar 11,8%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Pajang 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, (2) gaya belajar memberikan sumbangan atau pengaruh sebesar 11,8% terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Pajang 3 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.