Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Alastuwo Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (deskriptif kuantitatif), karena pada penelitian ini peneliti menganalisis dan mengklarifikasi dengan menggunakan angket dan mencoba mengungkapkan suatu fenomena dengan menggunakan dasar perhitungan angka. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi. Angket digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data kedisiplinan dan motivasi belajar. Data prestasi belajar diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian diuji coba di SD Negeri 04 Alastuwo dengan jumlah responden 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai t hitung sebesar 2,141 dan angka signifikansi sebesar 0,046. Pengujian ini menunjukkan bahwa p < 0,05 sehingga ada pengaruh yang positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA. Nilai t hitung sebesar 2,666 dan angka signifikansi sebesar 0,016. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa p < 0,05 sehingga ada pengaruh yang positif kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar IPA. Nilai F sebesar 17,872 dan p (signifikansi) sebesar 0,000. Hasil analisis tersebut p (0,000)< 0,05, sehingga ada pengaruh yang positif motivasi dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA. Kata kunci: belajar, kedisiplilan, motivasi, prestasi, pengaruh