Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 5 Surakarta
Daftar Isi:
- ABSTRAK Guru sering dianggap sebagai sosok yang memiliki kepribadian yang ideal. Oleh karena itu, guru menjadi figur yang dicontoh oleh peserta didik. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru, salah satunya yaitu kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian ini memiliki peran dan fungsi sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik. Guru yang memiliki kepribadian yang baik diharapkan tidak hanya mengajar ilmu pengetahuan saja melainkan mendidik perilaku peserta didik sehingga menjadi baik.Masalah yang akan dikaji pada skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru akhlak terhadap perilaku peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mempengaruhi perilaku peserta didik berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru akhlak di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya untuk memperkaya khasanah keilmuan dibidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deduktif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru akhlak terhadap perilaku peserta didik di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta, meliputi: bertindak sesuai norma hukum, memperlihatkan perilaku disiplin, tindakan yang didasarkan pada pendampingan siswa, memiliki perilaku yang disegani. Sedangkan indikator kompetensi kepribadian dari guru meliputi: kepribadian yang mantap dan stabil, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, akhlak mulia dan dapat menjadi teladan, kepribadian yang berwibawa. Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Perilaku Peserta didik