Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | YUNAIFA, HANA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/34461/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/4/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/6/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/8/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/14/naskah%20publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/ |
ctrlnum |
34461 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/34461/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015</title><creator>YUNAIFA, HANA</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA melalui strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire pada siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2014/2015. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus terdapat dua kali
pertemuan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi belajar IPA mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Sebelum tindakan diperoleh kompetensi belajar IPA siswa sebesar 18,57%, pada siklus I kompetensi belajar IPA meningkat menjadi 38,57%, dan pada siklus II kompetensi belajar siswa meningkat menjadi 80,51%. Hal ini berarti peningkatan kompetensi belajar IPA siswa melebihi indikator pencapaian yaitu 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/6/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/7/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/8/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/34461/14/naskah%20publikasi.pdf</identifier><identifier> YUNAIFA, HANA (2015) Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510110133</relation><recordID>34461</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
YUNAIFA, HANA |
title |
Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
LB1501 Primary Education Q Science (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/34461/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/4/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/6/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/7/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/8/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/14/naskah%20publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/34461/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA melalui strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire pada siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2014/2015. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus terdapat dua kali
pertemuan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi belajar IPA mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Sebelum tindakan diperoleh kompetensi belajar IPA siswa sebesar 18,57%, pada siklus I kompetensi belajar IPA meningkat menjadi 38,57%, dan pada siklus II kompetensi belajar siswa meningkat menjadi 80,51%. Hal ini berarti peningkatan kompetensi belajar IPA siswa melebihi indikator pencapaian yaitu 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom. |
id |
IOS2728.34461 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:52:22Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:52:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810920451211264 |
score |
17.538404 |