Daftar Isi:
  • Berdasarkan data dan observasi saat pembelajaran di kelas IV SD Negeri Samirono Kecamatan Getasan, terdapat permasalahan yaitu kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kurangnya minat bertanya siswa, kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar mata pelajaran matematika. Pembelajaran yang diterapkan masih bersifat satu arah dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran sehingga membentuk kesulitan belajar dan memicu permasalahan tersebut. Tingkat kesulitan belajar tinggi memberikan pengaruh terhadap capaian pemahaman belajar yang rendah. Upaya penggunaan media gerak dan arah pada materi operasi hitung bilangan bulat sebagai alternatif pemecahan masalah yang ditemukan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDN Samirono Kecamatan Getasan sebagai subjek penelitian, pada mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang diwujudkan pada sekurang-kurangnya dua siklus tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui penggunaan media gerak dan arah pada pembelajaran Matematika. Diawali dengan indentifikasi masalah saat proses pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan implementasi tindakan siklus I yang meliputi; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi untuk dilanjutkan tindakan siklus II. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Validitas data menggunakan tehnik trianggulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan siklus dilaksanakan, rata-rata tingkat pemahaman siswa yang diukur dengan 3 indikator berada pada angka 28,8 %(6 siswa yang lulus dari 22 siswa). Sedangkan pada akhir pertemuan kedua siklus I menjadi 71,7 %(16 siswa yang lulus dari 22 siswa), dan di akhir pelaksanaan tindakan siklus II meningkat menjadi 89,4 %(20 siswa yang lulus dari 22 siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gerak dan arah dapat meningkatkan pemahaman materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN Samirono Kecamatan Getasan tahun ajaran 2014/2015.