Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran team games tournament dengan make a match terhadap hasil belajar pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V di SD Negeri Ngrandah, (2) pengaruh yang lebih besar antara strategi team games tournament dengan make a match terhadap hasil belajar pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD Negeri Ngrandah. Jenis penelitian ini penelitian eksprimen. Subyek dalam penelitian ini kelas V SD Negeri 1 Ngrandah dan kelas V SD Negeri 3 Ngrandah. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan uji t yang didahului dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,644> 2,000 dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas V SD Negeri 1 Ngrandah lebih besar dibandingkan kelas V SD Negeri 3 Ngrandah, yaitu 79,35 > 71,18. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran team games tournament dengan make a match terhadap hasil belajar pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V di SD Negeri Ngrandah., (2) Strategi team games tournament lebih besar pengaruhnya dari pada make a match terhadap hasil belajar pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V di SD Negeri Ngrandah.