Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Purworejo. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data denggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda bersamaannya: Y = 4,858 + 0,027X1 + 0,026X2. Hasil analisis data diperoleh: (1) Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,414 > 2,074 dengan sumbangan relatif 53,6% dan sumbangan efektif 23,9%. (2) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diketahui thitung>ttabel, yaitu 2,233 > 2,074 dengan sumbangan relatif 46,4% dan sumbangan efektif 20,7% (3) Pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui Fhitung>Ftabel yaitu 8,869 > 3,44. Uji determinasi diperoleh hasil sebesar 0,446 menunjukkan besarnya pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 44,6%, sisanya 55,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.