Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015
Main Author: | Irawan, Rizka Kagum |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/33543/1/HALAMAN%20DEPAN.PDF http://eprints.ums.ac.id/33543/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/8/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/9/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33543/12/NASKAH%20PUBLIKASI.PDF http://eprints.ums.ac.id/33543/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh penggunaan media video terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015, (2) besarnya pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan Tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, dan uji kelinieran . Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,310 > 2,33126 dan koefisien determinasi sebesar 32%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015, (2) penggunaan media video memberikan sumbangan atau pengaruh sebesar 32% terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015.