Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji:1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali, 2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali, 3) pengaruh aktivitas belajar dan kreativitas terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwangi Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 2) Terdapat pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. 4) variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 52,3% dan sumbangan efektif sebesar 26,8%. Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47,8% dan sumbangan efektif sebesar 24,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif nampak bahwa variabel aktivitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar IPA dibandingkan variabel kreativitas belajar.