Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran ARCS Di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Sawit Tahun Ajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Model pembelajaran berbasasis motivasi yang mengutamakan attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII, pada materi IPA tahapan perkembangan manusia. Kembalinya sekolah tersebut pada KTSP, pembelajaran teacher center, hasil belajar dan perhatian dalam kelas masih rendah, serta kurangnya variasi model pembelajaran mendorong penelitian ini untuk menjadikan model sebagai alternatif pencapaian hasil yang memuaskan melalui aspek dalam model. Penelitian dengan desain quasi eksperimen, non-equivalent control group dengan cara menguji, membandingkan, menganalisis hasil pre-test, post-test dan data lain hasil kelas perlakuan. Hasil penelitian terdapat ≥85% dari jumlah siswa tuntas dengan nilai ≥75 (KKM sekolah), rentang nilai yang dihasilkan 50 hingga 100 pada pre-test dan post-testnya. Means yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi (81,07) daripada kelas kontrol (74,44). Hasil uji normalitas, data berditribusi tidak normal yaitu p-value pada skala kolmogorov-smirnov <0,05. Uji homogenitas juga diperoleh data homogen (0,717; 0,841) nilai Based on Mean). Berdasarkan keterangan tersebut kemudian dilakukan Hipotesis didapatkan adanya perbedaan pada hasil akhir pembelajaran dibuktikan oleh uji wilcoxon p-value 0,000 pada post-test) dengan persentase self assesment 76%(attention), 77% (relevance), 78%(confidence), 80%(satisfaction).