Pengaruh Outing Class Dalam Pendekatan Sainstifik Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo Tahun Ajaran 2014/2015
Main Author: | Wulandari, Tita |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/33218/1/03.HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/2/4.%20BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/3/05.BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/4/06.BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/5/07.BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/6/08.BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/11/09.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/12/10.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/13/2.PDF_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/33218/ |
Daftar Isi:
- Lingkungan berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya kemampuan kognitif akan tetepi juga melatih psikomotorik dan afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outing class dalam pembelajaran sainstifik terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo . Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan model pretest-postest only control desaign. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Teknik prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel,, yaitu 2,873>2,000 dengan rata-rata nilai posttest sikap ilmiah siswa kelas eksperimen (VA) lebih besar daripada kelas kontrol ( VB), yaitu 94,06>84,42. Maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh outing class dalam pendekatan sainstifik terhadap sikap ilmiah siswa kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo. Kata kunci : outing class, pendekatan, sainstifik, sikap, ilmiah, siswa