Penerapan Metode Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2014/2015)
Main Author: | Ermilia, Fika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/33210/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/3/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/4/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/6/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/9/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/33210/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Team Game Tournament pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII C.Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut : 1) siswa yang mengajukan pertanyaan saat pembelajaran berlangsung sebelum tindakan 16,12%, siklus I 45,06%, dan siklus II 67,74%, 2) siswa yang mengerjakan soal- soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 19,35%, siklus I 58,06%, dan siklus II 74,19%, 3) siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 28%, siklus I 51,61%, dan siklus II 77,41%, 4) siswa yang nilainya tuntas KKM sebelum tindakan 20%, siklus I 61,29%, dan siklus II 83,87%.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan metode Team Game Tournament dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2014/2015.