Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Project Based Learning (Pjbl) Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Minat Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Kusuma Wati/, Ambar
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/33204/1/HALAMAN%20DEPAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/33204/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/7/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/10/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/11/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33204/16/LAMPIRAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/33204/17/NASKAH%20PUBLIKASI.PDF
http://eprints.ums.ac.id/33204/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh antara strategi Project Based Learning (PjBL) dan Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa (2) Pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa (3) Interaksi. antara strategi pembelajaran dan minat terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dari penelitian ini, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dengan 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah ujia analisis variansi dua sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode lilliefors, dan uji homogenitas menggunakan Bartlett.. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5%, diperoleh (1) Terdapat pengaruh antara strategi Project Based Learning (PjBL) dan Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa dengan FA = 5,7561 > Ftabel =4,016 (2) Terdapat pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa dengan FA = 5,8749 > Ftabel = 3,166 (3) Tidak terdapat interaksi. antara strategi pembelajaran dan minat terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0,7299 < Ftabel = 3,166.