Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Jatiroto, Wonogiri Tahun Ajaran 2013/2014)
Main Author: | Lestari, Lia |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/33197/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/2/BAB%20I.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/6/BAB%20II.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/7/BAB%20III.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/8/BAB%20IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/9/BAB%20V.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/23/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/33197/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika bagi siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jatiroto Tahun 2013/2014 melalui model problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, pertama penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII G SMP N 1 Jatiroto Tahun 2013/2014. Kedua, peningkatan motivasi belajar matematika yaitu a) siswa antusias menjawab pertanyaan dari kondisi awal 18,75% siklus I 31,25% dan siklus II 75%, b) siswa antusias bertanya dari kondisi awal 12,5% siklus I 25% dan siklus II 62,5%, c) siswa antusias mengerjakan tugas dari kondisi awal 15,625% siklus I 50% dan siklus II 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VII G SMP Negeri 1 Jatiroto.