ctrlnum 33072
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/33072/</relation><title>Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan&#xD; Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS&#xD; Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015</title><creator>Hasanah, Eny Uswatun</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan Strategi Question Student Have siswa kelas VIII D dalam pengajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Juwiring Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, dan skema.Subyek penelitian Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara, oleh karena itu subjek penelitian adalah responden atau orang yang menjawab pertanyaan &#x2013; pertanyaan dari penelitian, baik tertulis maupun lisan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada lima tahap yaitu dialog awal, perencanaan tindakan kelas, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik&#xD; Komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap guru, 2) Siswa Turut dalam melaksanakan&#xD; tugas belajarnya 3), Siswa bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalanyang dihadapinya, 4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya, 5) Siswa melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru . Hal ini berarti penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ekonomi, peningkatn keaktifan belajar siswa pada akhir siklus I 50,55%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 76,11%.Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator keberhasiln yakni&#xD; 75%.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.</description><date>2015</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/33072/14/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Hasanah, Eny Uswatun (2015) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210080096</relation><recordID>33072</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hasanah, Eny Uswatun
title Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Strategi Question Student Have Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015
publishDate 2015
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/33072/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/14/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33072/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan menggunakan Strategi Question Student Have siswa kelas VIII D dalam pengajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Juwiring Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, dan skema.Subyek penelitian Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara, oleh karena itu subjek penelitian adalah responden atau orang yang menjawab pertanyaan – pertanyaan dari penelitian, baik tertulis maupun lisan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada lima tahap yaitu dialog awal, perencanaan tindakan kelas, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik Komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari : 1) Perhatian siswa terhadap guru, 2) Siswa Turut dalam melaksanakan tugas belajarnya 3), Siswa bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalanyang dihadapinya, 4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya, 5) Siswa melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru . Hal ini berarti penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru mata pelajaran ekonomi, peningkatn keaktifan belajar siswa pada akhir siklus I 50,55%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 76,11%.Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar siswa melebihi indikator keberhasiln yakni 75%.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwapenerapan strategi Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Juwiring Klaten Tahun Ajaran 2014/2015.
id IOS2728.33072
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:52:04Z
last_indexed 2016-09-22T02:52:06Z
recordtype dc
_version_ 1765810916476059648
score 17.538404