Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (PTK Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Ngadirojo Wonogiri Tahun 2014/2015)

Main Author: Rahayu, Riyana Hari
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/33057/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/17/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/18/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/33057/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian, untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Ngadirojo dengan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan kemampuan komunikasi matematika, hal ini dapat dilihat dari: (1) siswa mampu mengerjakan tugas dari kondisi awal 19,23% meningkat menjadi 84,61% (2) siswa mampu menyelesaikan soal latihan dari kondisi awal 26,92% meningkat menjadi 73,07%. (3) siswa mampu bekerjasama dalam kelompok menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 11,53% meningkat menjadi 76,92%. Dilihat dari beberapa indikator kemampuan komunikasi belajar sebagai berikut : (1) siswa mampu menjawab pertanyaan dari kondisi awal 19,23% meningkat menjadi 88,46% (2) siswa mampu mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 38,46% meningkat menjadi 80,76%. (3) siswa mampu mengemukakan ide matematika secara tertulis menunjukkan peningkatan dari kondisi awal 26,92% meningkat menjadi 73,07%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi belajar matematika pada siswa kelas VIIIG SMP Negeri 3 Ngadirojo tahun ajaran 2014/2015.